Investasi emas Video

Tuesday, September 6, 2011

Harga Emas dan Hikmah di Hari Raya

Bertepatan dengan menyambut hari raya Idul Fitri minggu lalu, harga emas semakin melonjak saja, meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan proses jual beli emas di pasaran. Pada momen seperti hari raya Idul Fitri, dan hari-hari besar lainnya seperti hari Natal dan tahun baru, kita akan bisa melihat kegiatan jual beli emas yang semakin marak.

Banyak orang yang menjual emas simpanannya untuk modal pulang kampung, banyak juga yang lalu membeli perhiasan untuk dipakai pada saat hari raya. Hal yang sudah disebutkan diatas dapat mempengaruhi harga emas di pasaran. Semakin banyak orang yang membeli emas, akan semakin tinggi harganya.

Sebenarnya bukan hal ini saja yang mempengaruhi naik turunnya harga jual maupun harga beli emas, masih banyak hal yang bersifat global yang mempengaruhi harga logam mulia tersebut. Inflasi, seperti yang kita tahu, tentu saja tidak akan mempengaruhi harga emas di pasaran, harga jual dan harga beli emas akan selalu diatas nilai inflasi.

Berbeda halnya dengan krisis finansial, saat orang ragu untuk bermain saham untuk investasi, mereka akan lebih tertarik untuk berinvestasi pada emas. Hal ini dapat menyebabkan melonjaknya harga logam mulia yang tak pernah kehilangan nilainya itu. Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar juga bisa sangat mempengaruhi harga emas, atas dasar ini berinvestasi pada emas akan sangat cocok untuk orang Indonesia.

Keadaan nilai tukar rupiah yang tidak selalu menguat atau bahkan saat cenderung turun malah membuat harga jual emas semakin naik dikarenakan nilai Rupiah yang merosot tetapi nilai jual emas domestik tetap kuat mengikuti nilai emas dunia. Selain hal yang disebutkan sebelumnya, harga minyak juga turut memegang andil dalam naik turunnya harga jual emas domestik.

Seperti yang sudah diutarakan pada awal diskusi, harga jual maupun harga beli emas akan semakin meroket ketika ada banyak permintaan di pasaran. Bagi orang yang berinvestasi pada emas, peristiwa seperti hari raya tersebut inilah yang ditunggu.

Saat harga jual beli emas sedang stabil para investor kebanyakan akan memborong emas, dan saat harga emas melonjak yang biasanya terjadi pada hari-hari besar tertentu, mereka akan menjual emas dan mengambil untung, juga yang akan digunakan untuk modal untuk berinvestasi kembali.

No comments:

Post a Comment